Recent Post

Aplikasi iNakba Tunjukkan Sisa - Sisa Kota Asal Palestina

blogger templates

Tel Aviv - daressofa - Sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Israel meluncurkan aplikasi smartphone yang memungkinkan pengguna termasuk warga Palestina menemukan kembali sisa-sisa kota asal mereka di Palestina yang sudah dimusnahkan otoritas Israel yang kini menguasai daerah itu.

Peluncuran aplikasi ini hari Senin lalu bertepatan dengan perayaan ke-66 Israel diproklamirkan menjadi sebuah Negara tahun 1948, yang untuk Palestina peristiwa itu disebut "nakba" atau "bencana" yang menimpa rakyat Palestina, karena saat itu 760.000 orang warga  Palestina dipaksa keluar dari tanah mereka dan diusir ke penampungan.

Aplikasi smartphone yang diberinama iNakba dilengkapi dengan peta interaktif, foto bangunan dan rumah-rumah warga Palestina yang telah diusir oleh Israel.

"Banyak pengungsi Palestina yang kesulitan menemukan kota atau desa mereka dahulu di Tepi Barat karena Yahudi telah membangun permukiman disana," kata juru bicara LSM Zochrot yang mengembangkan aplikasi itu, Raneen Jeries, seperti dikutip MINA dari Ma’an News Agency, Rabu.

LSM Zochrot yang berbasis di Tel Aviv menyerukan pada Israel untuk mengakui hak pengungsi Palestina kembali ke kampung halaman mereka.

Sementara itu menurut direktur Zochrot, Liat Rosenberg, tujuan mereka membuat aplikasi itu adalah untuk membuat orang-orang Yahudi Israel menyadari peristiwa Nakba dan mengingat ratusan ribu warga Palestina yang menjadi korban. ( mirajnews.com )

blogger templates

0 Response to "Aplikasi iNakba Tunjukkan Sisa - Sisa Kota Asal Palestina"

Posting Komentar