Recent Post

Konflik Manusia VS Satwa Liar Riau Terus Meningkat

blogger templates

daressofa - Konflik manusia dengan satwa liar seperti gajah dan harimau di Provinsi Riau tiap tahun terus meningkat. Kondisi ini dikhawatirkan dapat menurunkan dukungan masyarakat terhadap upaya konservasi satwa liar.

"Konflik ini merupakan masalah kompleks karena dapat mengakibatkan kerugian materi dan malahan dapat menyebabkan korban jiwa manusia atau terbunuhnya satwa liar," kata Kepala Balai Besar Konservasi Sumberdaya Alam (BBKSDA) Kemal Amas dilansir dari Antara, Selasa (6/5).

Menurut dia, semangkin tingginya intensitas konflik yang terjadi seharusnya mendorong pemerintah dan para pihak terkait lebih bijaksana dalam memahami kehidupan satwa liar terutama harimau sehingga tindakan penanganan dan pencegahannya dapat dilakukan dengan lebih optimal berdasarkan akar permasalahan konflik itu.

APP melalui PT Arara Abadi dan sejumlah mitra Perusahaan Sinarmas Forestry (SMF) Wilayah Riau bekerjasama dengan BBKSDA Riau dan Forum Peneliti dan Pemerhati Harimau Sumatera (HarimauKita) melaksanakan Pelatihan Mitigasi Konflik Manusia dengan Harimau di Lansekap Hutan Produksi mulai 6 hingga 9 Mei 2014 bertempat di BPPM (Balai Penelitian dan Pengembangan Masyarakat) PT Arara Abadi-Sinarmas Forestry Desa Pinang Sebatang Barat, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Riau.

Pelatihan Mitigasi ini diikuti 25 orang peserta dari staf perusahaan dan BBKSDA yang juga dihadiri oleh Kepala BBKSDA Riau, Kemal Amas, Pimpinan SMF Alias Jalil, Kepala Flagship SMF Yuyu Arlan, Public Relation PT AA-SMF Nurul Huda, APP Noubbie Afransyah, Pimpinan LSM HariamauKita Haryo T Wibisono.

"Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kapasitas staf perusahaan sektor kehutanan dalam upaya mitigasi konflik manusia dengan harimau serta satwa liar lainnya yang mana outputnya nantinya diharapkan dapat menurunkan potensi terjadi konflik harimau dan manusia," kata Nurul Huda.

Kemal menyatakan dukungan kepada PT AA dan Sinarmas Forestry atas kepedulian perusahaan dalam penyelamatan habitat hewan yang dilindungi ini. Menurut dia, isu kerusakan lingkungan dan pemanasan global harus menjadi perhatian semua pihak termasuk perusahaan-perusahaan.

"Konsep pembangunan harus memperhatikan sosial, lingkungan, dan ekosistim. Sesuai SK Dirjend PHKA No. 132/2011 dari 14 spesies hewan yang dilindungi, maka dua diantara berada di Provinsi Riau yaitu gajah dan harimau," katanya.

Menurut dia, penanganan konservasi tidak hanya bisa dilakukan oleh satu lembaga saja, tetapi harus semua lembaga yang punya komitmen yang tinggi didalam konservasi ini.

"Perusahaan selama ini punya komitmen yang tinggi untuk penyelamatn hewan-hewan yang dilindungi yang bekerjasama dengan pihak-pihak terkait, baik pemerintah melalui BBKSDA, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten termasuk LSM-LSM diantaranya HarimauKita," kata Yuyu Arlan.

Pihaknya sangat berterimakasih kepada LSM dan pemerintah atas dukungan yang diberikan kepada perusahaan dalam melaksanakan pelatihan mitigasi ini.

Sementara itu, Aryo Wibsono dari HarimauKita mengharapkan perusahaan berkomitmen untuk melestarikan lingkungan serta hewan dilindungi itu.

"Untuk itu diperlukan upaya memperkuat kapasitas perusahan didalam penyelesaian konflik ini. Diharpakan semua pihak dapat bekerjasama dan membuat koridornya," kata dia. ( merdeka.com )

blogger templates

0 Response to "Konflik Manusia VS Satwa Liar Riau Terus Meningkat"

Posting Komentar